KABARPLUS | PONOROGO – Pencapaian program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau PTSL yang merupakan program penerbitan sertifikat tanah massal di Ponorogo terus meningkat. Sampai September, sudah 80% target tercapai.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor Pertanahan Ponorogo Tutik Agustiningsih usai upacara peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) ke-61 tahun 2021 di halaman kantor ATR/BPN Kabupaten Ponorogo Jumat (24/9/2021).

“Sampai September ini sudah mencapai 80% yang kita selesaikan. Target kita adalah 52.500 lembar. Saya yakin sampai akhir tahun akan tercapai,” ujar Tutik.

Target PTSL pada 2021 ini mengalami peningkatan dibanding target pada 2020 lalu yang sebesar 45.000 lahan. Sedangkan untuk tahun 2022 masih digodok di pusat dan belum diputuskan.

“Kita berharap pandemi covid-19 segera selesai agar dana yang dialihkan ke sana bisa dikembalikan ke kegiatan yang seharusnya (termasuk PTSL),” ulasnya.

Sampai saat ini, dengan program PTSL, sudah lebih dari 50% lahan milik warga Ponorogo yang memiliki sertifikat. Dengan begitu, status lahan menjadi legal dan bisa menjadi jaminan vidusia pada aktivitas perkreditan. Peluang masyarakat untuk mendapatkan kredit produktif juga semakin meningkat sehingga bisa meningkatkan permodalan bagi mereka yang ingin berbisnis atau meningkatkan skala usahanya. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *