KABARPLUS | PONOROGO – Ruang-ruang isolasi covid-19 di desa-desa dan puskesmas se-Ponorogo akan diaktifkan kembali. Shelter dan rumah sakit juga akan disiagakan kembali. Ini untuk melaksanakan isolasi terpusat (isoter) pasien positif covid-19 sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo.

Hal ini diutarakan Wakil Bupati Ponorogo Lisdyarita usai mengikuti secara virtual Arahan dari Presiden RI Joko Widodo Kepada Seluruh Anggota Forkopimda di Jawa Timur di sela Kunjungan Kerjanya di Kabupaten Madiun, Kamis (19/8/2021).

“Isoter di Ponorogo ini sudah siap. Dan sesuai arahan presiden, akan segera kita laksanakan,” ujarnya.

Langkah yang telah dilakukan dan akan kembali dilakukan adalah pengecekan ruangan-ruangan isolasi di desa-desa dan puskesmas. Ruang isolasi di desa akan kembali diaktifkan sehingga segera bisa ditempati sebagai isolasi terpusat. Untuk isoter yang di shelter Jalan Trunojoyo sudah siap.

“Tinggal masuk saja,” ungkap Lisdyarita.

Dalam arahan Presiden RI Jokowi, kata Lisdyarita, ke depan tidak perlu ada isolasi mandiri atau isoman. Isolasi untuk pasien positif covid-19 harus terpusat untuk bisa menekan angka penularan.

“Dengan isoter seperti di rumah sakit, shelter atau isoter lain maka akan lebih cepat penyembuhannya dan tidak lebih banyak yang terpapar. Sebab, terkadang isoman itu ya, yang terkena satu, nanti sekeluarga akan tertular,” ulasnya. Akhirnya akan lebih mudah terbentuk klaster leluarga.

Harapan Presiden, lanjut Lisdyarita, semua pasien yang saat ini isoman bisa segera dievakuasi menuju isoter. Di Ponorogo, pada Rabu (18/8/2021) terdapat 1.669 kasus aktif. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *