KABARPLUS, PONOROGO – Jumlah pasien covid-19 yang terus melonjak di Ponorogo membuat permintaan oksigen di wilayah ini meningkat tajam sehingga persediaan di rumah-rumah sakit menipis. Penyedia oksigen pun kewalahan. Pemerintah setempat akhirnya memunculkan rencana untuk membeli generator oksigen.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, Rabu (14/7/2021) menyatakan, oksigen adalah elemen penting dalam penanganan pasien covid-19. Terutama bagi mereka yang saturasi oksigen dalam darahnya menurun drastis. Oksigen sangat diperlukan untuk menyelamatkan nyawa pasien covid-19 yang dalam kondisi seperti itu.

“Karena itu, membeli generator oksigen adalah dalam rangka menyelamatkan nyawa. Entah bagaimana nanti cara mendapatkan anggarannya tapi kita harus bisa membeli alat itu agar bisa memproduksi oksigen sendiri dan tidak tergantung dengan yang lain sehingga kita bisa bangkit,” kata Sugiri.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko

Sugiri mengaku sudah meminta kepada Sekda Kabupaten Ponorogo Agus Pramono yang merupakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo untuk mencari solusi atas lonjakan permintaan oksigen akhir-akhir ini. Yaitu dengan pembelian alat pembuat oksigen atau generator oksigen.

Agus Pramono mengatakan, pembelian generator oksigen merupakan pilihan prioritas dalam menangani pasien covid-19. Apalagi, pasokan oksigen kadang tidak pasti sebab PT Samator dan Lanud Iswahjudi sebagai penyedia juga sedang kewalahan melayani permintaan oksigen.

baca juga : Lokasi Bakal RS Lapangan Ponorogo di Sentra UKM? 

Ia memastikan proses pembelian generator oksigen akan sesuai prosedur. Karena, barang ini sudah ada dalam e-katalog sehingga ia yakin tidak ada mark-up atau penggelembungan harga dan lain sebagainya.

“Kita yakin tidak ada hal seperti itu. Apalagi ini untuk kepentingan kemanusiaan,” ulasnya.

Harga generator oksigen yang dilirik Pemkab Ponorogo berkisar Rp6,4 miliar. Bila prosesnya lancer, generator tersebut sudah akan terpasang di RSUD Dr. Harjono, Ponorogo, tidak lebih dari satu bulan ke depan. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *