KABARPLUS, PONOROGO – Sinyalemen pembelian generator oksigen oleh Pemkab Ponorogo menguat. RSUD Dr. Harjono sebagai lembaga yang akan memakai perangkat produksi udara untuk bernapas ini mengaku sangat butuh alat untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi para pasien covid-19 di wilayahnya.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Harjono Ponorogo Made Jeren, Rabu (14/7/2021) mengatakan, generator oksigen atau alat produksi oksigen ini sangat dibutuhkan dan akan menjadi cadangan yang bermanfaat di masa-masa krisis seperti saat ini.

Yaitu untuk pemenuhan oksigen bagi pasien covid-19. Apalagi dua tabung utama oksigen sentral di RSUD Dr. Harjono ada saat ini sudah beroperasi maksimal namun ternyata permintaan terus meningkat.

Direktur RSUD Dr. Harjono Made Jeren

“Generator oksigen pasti akan sangat bermanfaat untuk menolong pasien-pasien kita,” ujarnya usai mendengarkan paparan secara virtual dari perusahaan penyedia generator oksigen PT Mitra Multi Teknomedika di RSUD Dr. Harjono, Ponorogo.

Made menyatakan, ukuran terbesar generator oksigen yang ditawarkan memiliki kapasitas produksi sekitar 30 persen dari kebutuhan oksigen di RSUD Dr. Harjono. Atau sama dengan dua tabung oksigen yang saat ini sudah terpasang sebagai sumber oksigen sentral.

baca juga : Ponorogo Akan Beli Generator Oksigen Seharga Rp6,4 M

“Tadi (yang ditawarkan) harganya sekitar Rp6,4 miliar. Ya kita memang butuh. Tetapi keputusannya ada di Pemkab (Bupati dan pejbat lainnya),” ujar Made Jeren.

Dikatakan Made, kalau generator oksigen ini sudah ada, pihaknya akan tetap menerapkan efisiensi dan prioritas saat menggunakan oksigen yang ada. Beberapa tindakan operasi yang tidak darurat untuk sementara akan ditunda menyesuaikan kondisi. Oksigen diutamakan untuk pasien yang membutuhkan, terutama para pasien covid-19. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *