PONOROGO, KABARPLUS – Pemkab Ponorogo melakukan kepras habis anggaran di hampir seluruh dinas dan badan di lingkungannya untuk penanganan covid-19 di 2021 ini. Dana yang terkumpul diperkirakan mencapai Rp70 miliar.

“Kita potong anggaran di masing-masing dinas. Rata-rata 40 persen dari belanjanya. Anggaran lain-lain dan DAU itu yang dipotong. Nantinya akan terkumpul Rp70 miliar,” ungkap Kasatgas Vaksinasi Covid-19 Ponorogo Agus Pramono, Rabu (10/3/2021).

Siap-Siap, Lansia Ponorogo Bakal Divaksin Covid-19

Dana sebesar itu untuk memenuhi kebutuhan Kabupaten Ponorogo dalam menangani covid termasuk segala dampaknya. Dana ini menambahi dana penanganan sebanyak Rp7 miliar sudah terparkir di Dinas Kesehatan. Sehingga totalnya mencapai Rp78 miliar.

“Kebutuhannya sementara ya sebesar itu. Yang di Dinkes sudah disiapkan untuk pembelian vaksin,” kata Agus.

Dari potongan sebesar Rp70 miliar itu, penyumbang terbesar adalah dari Dinas Pekerjaaan Umum, Perumahan Kawasan Permukiman. Ini karena belanja di dinas ini paling banyak juga.

Ketika Santri Belajar Atur Lalin

“Ada juga dinas yang tidak sampai 40 persen. Ada empat SKPD. Kalau dipotong, fungsinya bisa tidak jalan,” kata Agus.

Dikatakannya, saat ini seluruh dinas dan badan di Pemkab Ponorogo sedang melakukan penataan keuangan di dapurnya masing-masing. “Sekitar tanggal 18 Maret nanti kita baru bisa tahu seperti apa anggaran refokusing kita ini,” tutupnya. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *