PONOROGO, KABARPLUS – Pada Selasa (26/1/2021) ini Ponorogo akan kedatangan vaksin untuk mengawali pelaksanaan vaksinasi covid-19. Sebanyak 3.200 dosis vaksin covid-19 akan tiba pada kloter pertama vaksinasi di bumi reyog tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan, pada Senin (25/1/2021) siang, dirinya telah mendapat kabar dari Dinkes Provinsi Jatim bahwa vaksin covid-19 untuk daerah-daerah yang masuk gelombang kedua vaksinasi sudah tiba di Surabaya. Dinkes Provinsi Jatim pun langsung melakukan distribusi ke daerah-daerah.

“Siang kemarin sudah datang dari Biofarma Bandung dan akan langsung dikirim ke daerah, termasuk Ponorogo. Kepastiannya, Ponorogo akan mendapatkan kiriman vaksin ini pada Selasa (26/1/2021). Mungkin nanti malam,” ujarnya Selasa (26/1/2021).

Ponorogo sendiri mendapatkan jatah sebanyak 3.200 dosis. Angka ini di bawah jumlah warga yang seharusnya menjadi penerima vaksin di tahap pertawa, yaitu para tenaga kesehatan di Ponorogo yang jumlahnya 4 ribuan orang.

“Ya yang ada dulu disuntikkan. Begitu kiriman berikutnya datang, kita lakukan penyuntikan lagi,” ulasnya.

Vaksin-vaksin yang datang juga akan segera didistribusikan ke puskesmas-puskesmas di seluruh Ponorogo. Ia menyebut, tempat dan alat pendingin untuk menjaga suhu vaksin tetap berada di kisaran 2-8 derajat celcius sudah siap.

“Dengan 650 ribu penerima vaksin, dua kali suntikan, maka akan ada 1,3 juta suntikan. Dengan 11 bulan pelaksanaan, maka akan ada 118 ribu suntikan per hari. Sudah ada 41 faskes (fasilitas Kesehatan) yang melayani vaksinasi. Yaitu 31 puskesmas, enam rumah sakit pemerintah dan swasta serta empat klinik,” pungkas Rahayu Kusdarini. (KP001 – sumber foto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *