PONOROGO, KABARPLUS – Mulai Rabu (27/1/2021 besok), Pemkab Ponorogo akan memulai pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk warganya. Sebanyak 650 ribu atau 70 persen dari penduduknya akan disuntik vaksin untuk membentuk kekebalan massal atau herd immunity.

Hal ini dikatakan Ketua Satgas Vaksinasi Covid-19 Ponorogo Agus Pramono, Senin (25/1/2021). “Dari keterangan Kadinkes (Ponorogo, Rahayu Kusdarini) kita akan kedatangan vaksin pada Selasa (26/1/2021) ini, maka kita akan lakukan kick off (memulai) vaksinasi pada Rabu,” terangnya.

Agus yang juga merupakan Sekda Kabupaten Ponorogo ini mengatakan, target waktu penyelesaian vaksinasi ini sesuai dengan permintaan Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin adalah pada akhir tahun. Artinya, pada 31 Desember 2021 nanti seluruh warga yang menjadi sasaran sudah harus disuntik vaksin sebanyak dua kali sesuai ketentuan vaksinasi.

“Target dari Menkes, daerah-daerah selesai melaksanakan vaksinasi covid-19 pada 31 Desember 2021. Itu selesai dua kali suntikan ya. Dan, Pemkab Ponorogo sudah siap untuk melaksanakan itu,” kata keponakan mantan Gubernur Jatim Soekarwo ini.

Pada kick off besok, sebanyak 10 tokoh Ponorogo akan mengawali menerima vaksinasi. Mereka antara lain adalah Sekda Agus Pramono, anggota Forkopimda dan sejumlah pimpinan ormas. Ada pula empat ketua organisasi nakes, antara lain Ketua IDI Ponorogo, Ketua PDGI, Ketua IBI dan Ketua PPRN. Seremonial kick off akan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Ponorogo.

“Setelah itu berproses, bertahap, seluruh (70%) warga akan divaksin. Dimulai dari sekitar 4 ribu nakes (tenaga kesehatan) dan berlanjut ke pejabat publik, pelayan publik, ASN dan seterusnya,” pungkas Agus. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *