PONOROGO, KABARPLUS – Pada enam hari pelaksanaan vaksinasi gelombang 2 untuk warga prioritas kedua di Ponorogo ternyata telah lebih dari tujuh ribu warganya menerima suntikan vaksinasi covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Rahayu Irine Kusdarini, Rabu (3/3/2021) mengatakan, sejak Jumat (26/2/2021) lalu, setiap hari pihaknya melakukan penyuntikan dosis pertama kepada warga yang terdiri dari anggota Polres Ponorogo, anggota Kodim Ponorogo, para PNS di Pemkab Ponorogo dan wartawan.

“Nah, hari Kamis (4/3/2021) kita akan break. Berhenti satu hari. Setelah itu akan ada percepatan penyuntikan karena mendapatkan kabar bahwa ada tambahan kiriman vaksin. Untuk itu, vaksin yang ada (jatah dosis kedua penerima vaksin saat ini) akan segera disuntikkan ke warga prioritas berikutnya,” ujar Irine.

6 Hari Jabat Bupati Ponorogo, Sugiri Bongkar Pagar Pasar Eks-Stasiun

Diterangkannya, pada akhir pekan lalu, Ponorogo memang sudah memulai vaksinasi gelombang kedua. Saat itu ada 14.200 dosis yang sudah siap untuk disuntikkan. Karenanya, pihaknya memprioritaskan untuk memvaksin sekitar 7 ribu warga. Yaitu para petugas pelayan publik, seperti anggota TNI, Polri, ASN dan sejumlah profesi yang sulit menghindari adanya kerumunan atau sering bertemu banyak orang. Mereka mendapatkan suntikan dosis pertama dari dua kali suntikan vaksin.

Kedatangan vaksin ini dipastikan akan mempercepat proses vaksinasi sebagai cara pembentukan herd immunity atau kekebalan kelompok atau kekebalan massal. Sebab, suntikan dosis kedua warga yang menjalani vaksinasi pada sepekan sebelumnya akan diambilkan dari kiriman vaksin yang datang saat ini.

Hengki, Pemuda ‘Ngamukan’ Akhirnya Lepas Pasung

“Jadi kita bisa cepat melakuan vaksinasi. Sehingga, pada dua pekan ini kita bisa memvaksin sekitar 14 ribu warga. Warga berikutnya yang menjadi prioritas antara lain adalah para guru hingga pedagang pasar,” pungkas Rahayu. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *