PONOROGO, KABARPLUS – Penelantaran bayi Nuur memang mengundang iba banyak pihak. Tak sedikit orang yang kemudian ingin mengasuhnya sebagai anak adopsi dan siap merawatnya dengan penuh kasih sayang hingga dewasa. Namun, sebelum melaksanakan niat, berikut secara umum syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PSAB) Sidoarjo Dwi Antini, Kamis (25/2/2021) mengatakan, syaratnya adalah pasangan yang sudah menikah selama minimal lima tahun; berusia 30 tahun hingga 55 tahun; memililiki kemampuan secara sosial dan ekonomi ; memiliki surat keterangan dari dinas sosial setempat; memiliki surat keterangan sehat jiwa dari psikiater, memiliki surat keterangan berbadan sehat; dan surat keterangan dari dokter kandungan.

Bayi Dibuang di Ponorogo, Ternyata Diminati Puluhan Calon Pengadopsi

Selain itu, berkas kependudukan pasangan juga dilampirkan. Mulai dari KTP, Kartu Keluarga, Akta/Surat Nikah hingga akta kelahiran pasangan calon adoptan. “Semua itu yang umum. Secara lebih rinci silakan datang ke dinas sosial setempat. Kalau untuk bayi Nuur ya ke Dinsos P3A Kabupaten Ponorogo,” terang Dwi Antini.

Kepala Dinsos P3A Kabupaten Ponorogo Supriadi menambahkan, semua persyaratan yang harus dimiliki oleh calon adoptan merupakan cara dari pemerintah agar adopsi berjalan dengan baik. Terutama agar proses pengasuhan dan tumbuh kembang anak sampai usia dewasa berjalan normal. Anak yang diadopsi bisa diasuh sebagaimana mestinya dan tidak dieskploitasi atau mendapatkan perlakuan yang tidak seharusnya. Seperti mengalami kekerasan atau sejenisnya.

Seorang Bayi Laki-Laki Sehat Ditemukan di Sebuah Masjid di Ponorogo, Dibuangkah?

“Semuanya dalam rangka melindungi anak-anak yang diadopsi,” ujarnya.

Untuk bayi Nuur sendiri, saat sudah banyak pasangan yang menyatakan berminat untuk mengadopsi. Bisa karena iba, atau karena memang ingin memiliki anak tetapi belum bisa mendapatkannya dari rahim sendiri.

Bagaimana, Anda berminat?

(KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *