MADIUN, KABARPLUS – Pemerintah Kabupaten Madiun memastikan sebanyak 2.500 tenaga kesehatan akan disuntik vaksin covid-19. Vaksinasi dilaksanakan pada Kamis (28/1/2021) hingga Sabtu (30/1/2021).

Guna menunjang kesiapan penyuntikan vaksinasi covid-19 tersebut, Pemkab Madiun telah menyiapkan sebanyak 28 fasilitas ksehatan yang akan melayani vaksinasi tersebut. Diantaranya di 26 puskesmas yang tersebar di 15 Kecamatan dan dua Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), yaitu RSUD Dolopo dan RSUD Caruban.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Madiun, Sulis saat dikonfirmasi mengatakan, penyuntikan vaksinasi ini diharapkan dapat memberikan kekebalan tubuh terhadap tenaga kesehatan itu sendiri.

“Tenaga Kesehatan ini kan garda terdepan dalam melawan covid, jadi setelah dilakukan penyuntikan vaksinasi ini, para tenaga kesehatan ini semakin maksimal dalam memberikan pelayanan medis kepada masyarakat,” kata Sulis, Jumat (29/1/2021).

Sulis menambahkan, bagi tenaga kesehatan yang sudah pernah dinyatakan terkena atau terkonfirmasi positif covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh tidak perlu mendapatkan penyuntikan vaksinasi covid-19.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Caruban dr. Farid Aminudin mengatakan, Pelaksanaan penyuntikan covid-19 di RSUD Caruban dimulai pada Jumat (29/1/2021) dan akan selesai pada Sabtu (30/1/2021).

“Untuk tenaga kesehatan yang ada di RSUD Caruban ini sebanyak 396 Nakes yang akan menjalani penyuntikan Vaksinasi,” kata Farid.

Dijelaskannya, pada penyuntikan tahap pertama sebanyak 100 tenaga kesehatan yang akan menjalani penyuntikan vaksinasi covid-19. Berikutnya, tahap kedua sebanyak 296 tenaga kesehatan yang akan divaksinasi.

“Untuk tenaga kesehatan yang memiliki sakit penyerta (komorbid) mulai dari hipertensi atau memiliki gangguan auto imun tidak diikut sertakan dalam penyuntikan vaksinasi,” ujarnya. (KP006)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *