MADIUN, KABARPLUS – Pemerintah Kota Madiun melaksanakan vaksinasi covid-19 perdana di Ruang Pertemuan Lantai 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Madiun, Rabu (27/1/2021). Vaksinasi perdana ini diikuti langsung oleh Walikota Madiun Maidi beserta sejumlah anggota Forkopimda Kota Madiun.

Vaksinasi kali pertama di Kota Madiun ini diberikan kepada 17 orang. Walikota Madiun Maidi menjadi orang pertama di Kota Madiun yang divaksin. Berikutnya, Wakil Wali Kota Madiun, Kajari Madiun, Dandim, Kapolres, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP PKK, Ketua Forum Kota Madiun Sehat, Tokoh Agama, dan tujuh perwakilan organisasi profesi kesehatan di Kota Madiun.

“Mudah-mudahan vaksinasi ini bisa bermanfaat bagi kita semuanya dan yang divaksin insya Allah tetap menjaga protokol kesehatan. Untuk vaksin tahap kedua akan dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2021,” ujar Maidi, usai mengikuti vaksinasi.

Maidi mengatakan, vaksinasi merupakan program pemerintah dan semua pihak akan mendukung. “Yang jelas, pemberian vaksin covid-19 diberikan kepada petugas pelayanan yang sifatnya sering bertemu dengan masyarakat. Nah itu kita prioritaskan,” tegasnya.

Sementara itu tujuan vaksinasi covid-19 adalah membentuk kekebalan kelompok, menurunkan kesakitan dan kematian akibat covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, serta menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

“Saya mengimbau masyarakat Kota Madiun, jangan takut divaksin. Mari kita dukung program pemerintah demi kesehatan bersama. Saya juga tegaskan, vaksin covid-19 gratis, halal, dan aman,” tuturnya.

Tahapan pemberian vaksin untuk gelombang pertama, pada bulan Januari-April 2021 dengan memprioritaskan tenaga kesehatan dan lansia. Selanjutnya gelombang kedua pada bulan April 2021-Maret 2022 untuk kelompok masyarakat rentan dan lainnya.

Sebagai informasi jumlah sasaran penerima vaksin untuk tenaga kesehatan di Kota Madiun sebanyak 3.955 orang. (KP006)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *