MADIUN, KABARPLUS – PT INKA (Persero) Madiun menyatakan kesiapannya mengoperasikan Kereta Medis Darurat atau Emergency Medical Train (EMT) sebagai ruang isolasi pasien covid-19. Menyusul makin meningkatnya terkonfirmasi covid-19 di Kota Madiun.

Tak tanggung-tanggung, PT INKA sudah menyiapkan rangkaian kereta yang terdiri 24 gerbong itu akan digunakan sebagai rumah sakit lapangan untuk merawat pasien terkonfirmasi.

”Secara keseluruhan, ada tiga rangkaian kereta yang digunakan sebagai ruang isolasi. Di mana satu rangkaian terdapat delapan gerbong,” Ujar Senior Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Coorporate Social Responsibility PT INKA (Persero), Bambang Ramadhiarto, Jumat (22/1/2021).

Bambang Ramadhiarto mengatakan, dua kereta untuk tenaga  kesehatan (nakes). Berikutnya, enam gerbong ada ditengah untuk pasien. ”Totalnya di enam gerbong itu ada 48 bed,” ungkapnya,

Selanjutnya, Kereta Medis Darurat akan digunakan untuk merawat pasien kategori Orang Tanpa Gejala (OTG) maupun kategori sedang. Sementara pasien covid-19 kategori berat tetap dirawat di rumah sakit.

“Fasilitas yang disiapkan di kereta itu cukup lengkap. Selain tempat tidur, juga dilengkapi fasilitas lemari penyimpanan obat, lemari pendingin, alat bantu pernafasan lengkap dengan oksigen dan fasilitas penunjang lainnya. (KP006)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *