PONOROGO, KABARPLUS – Penghitungan sementara perolehan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Ponorogo 2020, Rabu (9/12/2020), menunjukkan paslon penantang, Sugiri Sancoko-Lisdyarita unggul dari pasangan petahana Ipong Muchlissoni-Bambang Tri Wahono.

Hal ini terlihat dari catatan yang difoto oleh masyarakat dan beredar di aplikasi perpesanan di tengah masyarakat Ponorogo sejak sekitar pukul 14.00 hingga pukul 16.00. Dalam banyak gambar yang berisi catatan tulisan tangan maupun form catatan KPPS, pasangan Sugiri-Lisdyarita unggul cukup telak dibanding paslon Ipong-Bambang. Meskipun, ada pula catatan yang menunjukkan pasangan Ipong-Bambang yang unggul di beberapa daerah.

Sementara itu, secara umum pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo 2020 kal ini berjalan dengan tertib, aman dan terkendali. Para KPPS juga cukup ketat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19. Yaitu dengan penyediaan tempat cuci tangan, pengaturan jarak aman antar antrean pemilih, pengukuran suhu tubuh dan penggunaan sarung tangan plastik untuk meminimalisir kontak dengan peralatan yang dipakai bersama.

“Harapannya, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo kali ini berjalan lancar hingga selesai semuanya nanti. Dan menghasilkan pemimpin yang sesuai harapan masyarakat, yang menyejahterakan masyarakatnya,” ungkap Wabup Soedjarno saat ditemui usai mencoblos di TPS 010 Tonatan, Ponorogo.

Pada pilkada kali ini, dari empat orang cabup dan cawabup, hanya satu orang kontestan yang mencoblos. Sugiri Sancoko diketahui ber-KTP Surabaya sehingga tidak memiliki hak suara. Lisdyarita ber-KTP Jakarta sehingga juga tidak memiliki hak pilih.

Sedangkan Ipong Muchlissoni tidak hadir ke TPS 03 Mangkujayan. Istrinya, Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni dan puteranya, Muhammad Fitra Yoga, juga tercatat sebagai pemilih di TPS ini. Ketiganya mendapat giliran untuk mencoblos pada pukul 11.00 hingga pukul 12.00. Namun hingga waktu pemungutan suara habis, yaitu pukul 13.00, ketiganya tidak datang. Ketiganya dikabarkan sakit.

Di TPS ini, hasil penghitungan suaranya menunjukkan pasangan nomor urut 01 memperoleh 112 suara. Pasangan nomor urut 02 memperoleh 93 suara. Hanya Bambang Tri Wahono yang mencoblos di TPS 13 Kelurahan Kertosari, Kecamatan Babadan. Ia hadir bersama istri dan dua putra putrinya. (kp001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *