Awas, Calo Penerimaan CPNS di Ponorogo Bergentayangan

Kondisi SKB CPNS Ponorogo formasi 2019 yang dilaksanakan di GOR Singodimedjo, Sabtu (5/9/2020).

KABARPLUS – Calo penerimaan CPNS di Ponorogo mulai bergentayangan. Mereka menjanjikan para peserta SKB CPNS pengadaan 2019 yang saat ini sedang dalam tahap ujian. Para peserta diminta waspada, jangan sampai menjadi korban penipuan.

Hal ini disampaikan Sekda Ponorogo Agus Pramono usai melakukan sidak di lokasi SKB Cpns Ponorgo 2019 di GOR Ponorogo, Senin (7/9/2020). Agus mengatakan, hal ini ia ketahui dari bincang-bincang dengan Panselnas dari BKN yang turut menangani tes CPNS di Ponorogo.

“Untuk peserta diharap berhati-hati. Saat ini banyak yang memanfaatkan keadaan untuk menipu dengan cara menjanjikan untuk meloloskan peserta dan menjadi CPNS. Saya katakan itu tidak bisa. Tidak perlu percaya kalau ada orang yang mengaku dari BKD Provinsi, BKD Kabupaten, atau siapapun yang bisa melancarkan proses seleksi. Percaya pada kemampuan diri sendiri saja,” ungkapnya.

Soal pengusutan orang-orang yang mengku-ngaku sebagai ‘orang BKD Provinsi’ atau ‘orang BKD Ponorogo’, Agus mengatakan pihaknya belum sampai ke arah tersebut. Termasuk berapa jumlah nominal yang diminta, Agus juga belum melakukan deteksi.

“Yang jelas jangan sampai ada yang jadi korban. Kepada teman-teman BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kabupaten Ponorogo saya minta untuk memberikan arahan kepad peserta sebelum masuk ke ruang ujian. Ini agar mereka tidak mempercayai hal-hal semacam itu,” ulasnya.

Kepala BKPSDM Ponorogo Winarko Arief menyatakan, di masa-masa seleksi seperti saat ini, kehadiran orang-orang yang mengaku sebagia orang penting atau orang dalam dan menjanjikan bisa meloloskan peserta sebagai CPNS adalah hal yang biasa terjadi.

“Karena itu, setiap kali pengarahan, di dalam maupun di luar, hal itu selalu kita sampaikan kepada peserta,” kata Winarko.

Ujian SKB CPNS Ponorogo 2019 diikuti 1.253 peserta. Mereka memperebutkan 503 formasi di mana beberapa di antarnya tanpa pelamar. Total tingga 471 formasi yang akan diisi oleh mereka. SKB CPNS Ponorogo 2019 dilaksanakan sejak Sabtu (5/9/2020) sampai Selasa (8/9/2020). (kp001)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *