Anggota TNI Magetan Bantu Rehab Rumah Tak Layak Huni Warga Lereng Lawu

Kopda Agus Prawoto, Babinsa Karang Getas Magetan saat membantu warga melakukan rehap rumah tidak layak huni, Jumat (28/8/2020)

KABARPLUS – Tentara tak hanya siap perang. Tapi juga siap melawan ketertinggalan warga dari kekurangan fasilitas hunian yang layak. Seperti yang dilakukan seorang Babinsa dari Koramil 02/Plaosan, Kopda Agus Prawoto. Bersama warga binaannya, ia bergotong-royong merenovasi rumah warga milik Puji di Dusun Panjang, Desa Getasanyar, Kecamatan Sidorejo, Kabupaten Magetan.

Yang dikerjakan Kopda Agus pada Jumat (28/8/2020) memanglah Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RUTILAHU) dari TNI-AD. Namun, Kopda Agus merasa terpanggil dan turun langsung dalam gotong-royong tersebut. Mulai dari rehabilitasi rumah dan pembuatan jamban bagi rumah warga kurang mampu yang belum mempunyai jamban.

“Ini merupakan program bantuan dari Kodam V/Brawijaya yang dilaksanakan melalui Kodim dan Koramil dalam bentuk material dan disalurkan oleh Babinsa kepada warga yang rumahnya tidak layak huni,” jelas Kopda Agus.

Kegiatan diawali dengan pembongkaran rumah milik Puji bersama masyarakat. Lalu memperbaiki dinding dan atap rumah yang sudah rapuh serta pembuatan jamban bagi warga yang belum punya jamban.

Selain rehab rumah bantuan pembuatan jamban tersebut merupakan penyediaan sarana sanitasi jamban sehat berbasis masyarakat. Sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menghentikan buang air besar(BAB)  sembarangan.

Kopda Agus Prawoto, Babinsa Karang Getas Magetan saat membantu warga membuat jamban, Jumat (28/8/2020)

“Ini sudah menjadi kewajiban kita sebagai aparat kewilayahan dan pekerjaan ini sudah kami lakukan setiap hari sampai pengerjaan rehab rumah dan jamban ini selesai. Kami akan mewujudkan rumah yang layak huni untuk Bapak Puji sekeluarga,” ucap kopda Agus Prawoto

Harapannya, program rehab rumah tidak layak huni  dan jamban ini dapat memotivasi warga masyarakat untuk semakin semangat bergotong-royong dan saling peduli terhadap sesama warga di lingkungannya.

Puji tidak bisa menutupi rasa bahagianya karena tidak lama lagi rumah miliknya akan berubah menjadi lebih baik dari yang ditempatinya sejak puluhan tahun bersama keluarganya.

“Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Babinsa, para tetangga dan tentunya Koramil Plaosan yang sudah peduli pada rakyat kecil seperti saya mudah-mudahan Allah SWT membalas kebaikan bapak-bapak semua,” kata Puji yang desanya terletak di lereng Gunung Lawu tersebut. (kp001, foto : rilis penrem madiun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *