Spread the love

SUKORHARJO | KABARPLUS – Gedung Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah menjadi saksi keseriusan para siswa di Kartasura saat mementaskan karya seni perannya. Sembilan judul drama teater ditampilkan selama dua hari, Jumat-Sabtu, (17-18/5/2024).

Berbagai kisah horor hingga komedi serta drama lakon sehari-hari ditampilkan oleh para siswa SMA Islam Terpadu Nur Hidayah (SMA IT NH) dalam acara Teater Chroma yang berkolaborasi dengan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila  (P5) bertema “Kearifan Lokal”.

Teater Chroma merupakan penampilan drama yang menjadi sarana menyalurkan bakat potensi dalam bidang seni sastra dan seni peran Murid Kelas XI SMA IT Nur Hidayah. “Tema yang kami gunakan dalam pementaasan ini yaitu “Satu Panggung, Ribuan Cerita”. Pementasan drama dilaksanakan oleh kelas XI yang dibagi menjadi 2 hari,” ungkap Wakil Ketua OSIS SMAIT NH Sukoharjo Dwara Nawasena yang sekaligus Ketua Kegiatan P5 Kelas XI, Senin (20/5/2024).

Dikatakannya, penting sekali bagi Murid SMA IT Nur Hidayah untuk mengasah sikap percaya diri, kemampuan bekerja sama, serta tanggung jawab dalam kehidupannya. Salah satu kegiatan yang dapat melatih keterampilan tersebut adalah penampilan drama.

Pada hari pertama adalah giliran penampilan kelas XI putri yaitu dari kelas XI-6 hingga XI-10. Sedangkan pada hari kedua, Sabtu giliran penampilan dari kelas XI putra yaitu dari kelas XI-1 hingga XI-5.

Menjelang penutupan, pihak juri menyerahkan penghargaan kepada pemain drama. Pemenang penghargaan ditentukan oleh 3 dewan juri dan diserahkan oleh Kepala SMAIT Nur Hidayah, Muhammad Ihsan Fauzi, S.Si., MM.

Kategori pemenang dibagi menjadi dua yakni kelompok/kelas dan individu. Untuk kelompok, kategori pemenang adalah kelompok terheboh, kelompok terkocak, kelompok terkreatif, kelompok terkompak, dan best performance. Sedangkan untuk kategori pemenang individu, yaitu best tritagonist, best antagonist, best protagonist, dan best director.

“Penonton sangat antusias dengan tampilan-tampilan para siswa,” ungkap Ihsan.

Selain wali murid dan para siswa, beberapa perwakilan undangan delegasi dari sekolah lain uga hadir menyaksikan P5 kali ini. Di antaranya dari SMA Al Azhar Syifa Budi Solo, ABBS (Al Abidin Bilingual Boarding School), SMAIT Ibnu Abbas, SMK IT Informatika, SMAN 3 Semarang, dan SMAN 3 Surakarta. Para penonton turut memberikan respons positif tentang kegiatan tersebut. (SMITNH/dle)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *