KABARPLUS, NGANJUK – Memutus mata rantai penularan covid-19 adalah hal penting untuk meredam pandemi corona kali ini. Salah satu dengan tanaman hidroponik.

Cara ini mulai dipraktekkan oleh para tentara di Kodim 0810/Nganjuk. Satu bulan lalu, mereka mulai menanam berbagai sayuran dengan cara hidroponik atau dengan media tanam berupa air.

Perwira Seksi Teritorial Kodim Nganjuk Kapten (Inf) Sondra Irawan, Rabu (7/7/2021) mengatakan, pada pekan ini Kodim Nganjuk sedang melaksanakan panen raya sayuran hidroponik. Metode bertani alternatif ini memanfaatkan lahan Makodim 0810/Nganjuk.

“Alhasil, kerja nyata dari Kodim 0810/Nganjuk setelah kurang lebih empat minggu kami menanam dengan hidroponik adalah panen yang luar biasa. Ini adalah salah satu usaha di tengah pandemi covid19 untuk mengatasi kesulitan masyarakat,” kata Kapten Sondra.

Diharapkan melalui bertani hidroponik Kodim 0810/Nganjuk bisa turut memperkuat ketahanan pangan di tengah pandemik. Tentu agar bisa dicontoh para babinsa di wilayah dan juga bisa membantu masyarakat di desa dengan mencontohkan cara menanam cepat, mudah, murah, dengan hasil yang sangat baik.

Lebih dikatakan, ada yang lebih penting dari kegiatan ini selain sebagai upaya memperkuat dan meningkatkan ketahanan pangan. Yaitu bahwa dengan bercocok tanam secara hidroponik, masyarakat tidak perlu lagi kita untuk pergi ke pasar.

“Dengan begitu bisa menghindari kerumunan. Tentunya hal ini akan bisa ikut memutus mata rantai,” ujarnya. (KP001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *