PONOROGO, KABARPLUS – Mengatur lalu lintas ternyata juga bisa dilaksanakan para santri dan santriwati. Terpenting, pengetahuan dasarnya sudah dimiliki dan dipahami.

Inilah yang coba ditransfer Wakapolsek Sukorejo Iptu Nurul Hidayah bersama sejumlah personel saat memberikan pelatihan dua belas gerakan pengaturan lalu lintas kepada anggota Kopasdar Ponpes Darul Falah Sukorejo yang diikuti 45 santri dan satriwati, Selasa (9/3/2021).

Gerakan pengaturan lalu lintas yang diajarkan mulai dari gerakan menghentikan arus dari semua arah, menghentikan arus dari arah depan, menghentikan arus dari arah belakang, menghentikan arus dari arah depan dan belakang serta menghentikan arus dari arah tertentu. Diajarkan juga gerakan menjalankan arus, mempercepat arus dan gerakan memperlambat arus.

Para siswa terlebih dahulu diberikan contoh oleh anggota Polsek Sukorejo Bripka Mahfud Efendi. Selanjutnya mereka menirukan gerakan yang telah dicontohkan secara bersama-sama.

Wakapolsek Iptu Nurul Hidayah mengatakan bahwa pelatihan gerakan pengaturan lalu lintas dilakukan kepada anggota santei dan santriwati Ponpes Darul Falah dalam rangka orientasi dan pelatihan anggota Kopasdar Ponpes Darul Falah. Tujuannya agar mereka mengerti karena gerakan dasar pengaturan lalu lintas untuk mendukung pelaksanaan tugas polri di lapangan.

“Dengan pelatihan gerakan pengaturan lalu lintas yang sudah diberikan bisa diterapkan gerakan tersebut saat mengatur lalu lintas di depan Ponpes, baik saat berangkat maupun pulang sekolah,” katanya.

Menurut Iptu Nurul Hidayah, dengan adanya pelatihan ini diharapkan menambah kemampuan yang dimiliki santri santriwati Ponpes Darul Falah bisa membantu tugas kepolisian dalam pengaturan lalu lintas di depan sekolah. Dengan demikian bisa mendukung terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. (KP002)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *