SOINEM MENANGIS. Ia tak kuasa menahan air matanya. Dari bibirnya, meluncur ucapan terima kasih atas rumahnya yang kini telah layak untuk dijadikan tempat tinggal.

“Alhamdulilah, terima kasih banyak Bapak atas bantuannya dalam memperbaiki rumah saya ini. Saya sangat senang dan bersyukur sekali,” ucapnya.

Itulah baris kata yang terucap saat Soinem, 64, warga di RT 02/07 Dusun Sukoharjo, Desa Widoro, Kec. Donorojo, Kabupaten Pacitan saat bertemu dengan Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho bersama Bupati Pacitan, Dr. Drs. H. Indartato, M.M., Dansatgas TMMD ke-110 Kodim 0801/Pacitan, Letkol Kav Ibnu Khazim, S.I.P., M.Si. dan Kades Widoro, Mahmudi.

Wagub Emil Buka TMMD Ke-110 Jatim di Bojonegoro

Mereka adalah para abdi negara yang rela menyusuri jalan setapak dan menanjakuntuk sekadar menengok Soinem dengan rumah barunya yang baru saja selesai direhabilitasi dalam kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 yagn saat ini sedang berlangsung.

Soinem merupakan salah satu penerima sasaran rehab rumah tidak layak huni (Rutilahu) pada gelaran TMMD di Kabupaten Pacitan yang terkenal dengan sebutan Kota 1001 Goa itu. Soinem sendiri merupakan seorang janda yang tinggal sendirian di rumahnya tersebut. Untuk mencukupi kebutuhan hidupnya sehari-hari, Soinem bekerja sebagai buruh tani dan hanya mengandalkan sisa tenaga di usia senjanya.

Kades Widoro, Mahmudi mengatakan, kondisi rumah Soinem sebelum direhab dalam TMMD ke-110 memang jauh dari kata layak. Sering bocor pada saat musim penghujan seperti sekarang ini. Ia maklum kalau Soinem kesulitan memperbaiki rumahnya sendiri.

“Jangankan untuk memperbaiki rumahnya, untuk makan sehari-harinya saja, Soinem Mbah kesulitan,” ujarnya sambil berucap terima kasih kepada TNI atas rehab untuk rumah salah satu warganya.

Terperosok, Motor Ini Malah Ditinggal Pemiliknya di Tepi Jalan Berhari-hari

Dansatgas TMMD ke-110 Kodim 0801/Pacitan, Letkol Kav Ibnu Khazim menilai pemilihan rumah Soinem menjadi salah satu sasaran dalam TMMD kali ini sangatlah tepat. “Mengingat kondisinya yang seperti ini, tentunya Ibu Soinem ini perlu untuk dibantu guna mendapatkan tempat tinggal yang lebih layak dan manusiawi,” katanya.

Danrem mengaku turut terharu dengan kebahagiaan Soinem dan mengajaknya untuk senantiasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat dan keberkahan yang telah diberikan. Danrem juga mengajaknya untuk berterima kasih kepada Bupati, Dansatgas TMMD bersama anggota Satgas TMMD lainnya yang saat ini terus bekerja keras dalam mewujudkan rumah impiannya yang lebih layak huni.

“Semoga Ibu Soinem senantiasa diberikan kesehatan, perlindungan dan yang terbaik dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya,” ucapnya diamini seluruh pejabat dan staf yang hadir. (KP001/rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *