PONOROGO, KABARPLUS – Seorang penyandang status ODGJ atau Orang Dengan Gangguan Jiwa di Ponorogo menjalani ‘lepas pasung’. Hengki, Ria Setiawan, 28, warga Desa Grogol, Kecamatan Sawoo, Ponorogo, Jatim akhirnya dikeluarkan dari sel yang menjadi tempatnya dikekang.

Hengki yang sempat menyedot perhatian netizen Ponorogo dilepas pasung untuk dirawat di RS dr Soeroto, Ngawi. “Hari ini kita melakukan lepas pasung untuk mas Hengki. Kita lepas bersama-sama karang taruna setempat, petugas Puskesmas Sawoo, Polsek, Koramil, pemerintah Desa Grogol dan para relawan,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Ponorogo, Selasa (2/3/2021) petang.

Harga Cabai Menggila Picu Inflasi Februari 2021

Usai pelepasan, pria yang disebut-sebut suka mengamuk dan melukai tetangganya ini langsung menjalani rapid test covid-19. Pelaksanaan tes covid ini dilakukan di Piskesmas Sawoo. Hasilnya, non-reaktif.

“Hari ini kita antar ke RSJ dr Soeroto, Ngawi, untuk dirawat kejiwaannya dengan didampingi oleh ibu Nurhayati, ibu kandung Hengki, atas biaya dari KIS (Kartu Indonesia Sehat). Kemarin sudah kita urus KIS-nya sehingga bisa dibiayai oleh BPJS KIS,” terang Supriadi.

Puluhan Wartawan Ponorogo Terima Vaksinasi Covid-19

Setelah dinyatakan sembuh, Hengki direncanakan dikirim ke panti rehabilitasi sosial di Pati. Di panti ini, sesuai ketentuan akan berjalan selama empat bulan.

“Pemerintah desa setempat dan keluarga juga sudah berunding untuk membawa Hengki ke Riau dan tinggal di sana sepulangnya dari Panti rehabilitas Sosial Pati,” kata Supriadi. (KP001/foto : suara.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *