Kam. Nov 26th, 2020

KABARPLUS – Kabupaten Ponorogo kembali memasuki zona oranye covid-19. Jumlah pasien yang positif terinfeksi terus meningkat dalam pekan kedua November ini. Diduga, ada seorang warga yang membawa virus ini dari luar kota dan menularkannya kepada keluarga dan komunitasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ponorogo Soedjarno, Rabu (18/11/2020) mengatakan, pada awal pekan ini ditemukan salah satu warga yang positif covid-19. Warga ini memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Ia sering keluar kota dan sering bertemu dengan banyak pihak dan koleganya di Ponorogo. Pasien ini ditengarai menularkan covid-19 ke sejumlah orang.

“Ada satu orang yang menularkan ke banyak warga kita. Kita sempat kuning lebih daris atu bulan, akhirnya kita kembali ke zona oranye. Ya apa sebutannya, ada klaster baru, klaster keluarga? Ya mungkin begitu,” kata Soedjarno. Kontak erat dari pasien ini terus ditracing, dilakukan rapid test dan dilanjut swab untuk mereka yang reaktif.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan, tidak ada kepastian terkait penularan yang terjadi akhir-akhir ini. Efek liburan pada Oktober lalu memang bisa menjadi salahs tu penyebab. Akan tetapi melihat penularan yang terjadi akhir-akhir ini adalah pada kontak erat beberapa pasien positif sebelumnya, ia menyatakan penambahan yang terjadi adalah akibat kelengahan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kalau yang jadi kontak erat dan tertular hanya anak dan istrinya, ya mungkin masih dimaklumi. Nah, ini yang tertular banyak, orang-orang yang kontak dengan pasien positif. Ini artinya masih banyak masyarakat yang tidak disiplin dengan protokol kesehatan,” kata Kusdarini yang akrab disapa Irin ini.

Pihaknya terus melakukan tracing terhadap kontak erat dari warga tersebut. Harapannya tidak banyak lagi warga yang tertular.

Pada 7 November lalu, jumlah penambahan pasien positif di Ponorogo adalah 4 orang. Pada 8 November, penambahan mencapai 3 orang pasien covid-19 baru. Pada 16 November terdapat 4 kasus baru. Dan pada 17 November penambahannya meledak, ada 14 kasus baru. Totalnya mencapai 25 pasien baru.

Total kasus positif covid-19 di Ponorogo hingga 17 November 2020 adalah 573 orang. Pasien sembuh 524 orang (tingkat kesembuhan 91,4%), meninggal 20 orang (3,5%) dan diisolasi 29 orang (5,1%). (kp001)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *