Lima Olahraga Yang Efektif Luruhkan Lemak

KABARPLUS – Olahraga membantu seseorang untuk mewujudkan mimpinya memiliki postur tubuh yang ideal. Ya, aktivitas fisik seperti berolahraga tentu mampu membakar lemak membandel Anda. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua jenis olahraga efektif mempercepat pembakaran lemak.

Jika Anda melakukan olahraga yang terlalu berat dan terlalu lama, itu hanya akan menghasilkan banyak keringat dan rasa letih berlebihan, serta rasa sakit pada tubuh. Olahraga yang tepat adalah olahraga yang tidak menyiksa tubuh, dilakukan dengan durasi yang tepat dan Anda pun enjoy untuk melakukannya.

Sebuah studi menyebut, olahraga selama 30 menit setiap hari justru lebih efektif menurunkan berat badan ketimbang olahraga yang dilakukan selama 1 jam atau lebih.

Melansir dari Times of India, sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Scandinavian Journal of Public Health mengamati 60 pria di Denmark dengan berat badan berlebih selama 13 minggu. Setengah dari jumlah peserta diminta berolahraga selama 1 jam, sementara lainnya berolahraga selama 30 menit sehari. Hasilnya, olahraga 30 menit terbukti lebih banyak membakar lemak.

“Orang yang berolahraga 30 menit sehari rata-rata turun 3,6 kilogram dalam 3 bulan, sedangkan orang yang berolahraga 1 jam hanya turun 2,7 kilogram,” jelas Mads Rosenkilde, mahasiswa doktoral yang terlibat dalam penelitian tersebut.

Anda dapat memilih beberapa jenis olahraga yang mampu membantu membakar lemak dengan cepat berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Lari

foto : freepik.com

Olahraga yang satu ini diyakini mampu mempercepat penurunan berat badan seseorang. Lari selama 30 menit dalam sehari, setidaknya mampu membakar 240–355 kalori. Namun dengan catatan, Anda harus berlari dengan lutut yang diangkat tinggi.
​2. Renang

foto : freepik.com

Ini merupakan salah satu pilihan olahraga untuk menurunkan berat badan yang tentunya menyenangkan, sekaligus mampu meningkatkan kekuatan otot, serta meningkatkan kesehatan paru-paru dan juga jantung. Renang yang dilakukan selama 30 menit mampu membakar sekitar 200–300 kalori.
3. Lompat Tali

foto : scroll.in

Olahraga yang cepat menurunkan berat badan berikutnya adalah lompat tali. Olahraga yang cukup sederhana ini bisa membakar sekitar 230–300 kalori jika dilakukan selama 30 menit.
4. Bersepeda

foto : wikipedia.com

Jika dilakukan dengan benar, bersepeda selama 30 menit dapat membakar antara 300-500 kalori. American College of Sport Medicine menganjurkan olahraga cardio, termasuk bersepeda, selama 30 menit sehari yang dilakukan setidaknya 5 kali dalam seminggu.
​5. Aerobik

foto : grid.id

Senam aerobik sangat efektif dilakukan untuk menurunkan berat badan. Selain dapat membakar kalori dalam jumlah banyak, olahraga ini juga sangat dibutuhkan wanita untuk membentuk tubuh yang ideal. Untuk para wanita, melakukan senam aerobik selama 30 menit mampu membakar sebanyak 340 kalori.

Nah, Agar Anda nyaman saat berolahraga, pemilihan pakaian yang tepat juga perlu diperhatikan. Kenakanlah pakain yang elastis dan mudah menyerap keringat, sehingga nyaman dipakai saat olahraga. (kp001)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *