Bermarkas di Pesisir, Kodim Blitar Latihan Kondisi Tsunami

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho saat meninjau lokasi Latihan Posko di Kodim 0808/Bitar Senin, 24/8/2020.

KABARPLUS – Kodim 0808/Blitar memberikan perhatian khusus pada letak geografis markasnya yang rawan terhadap ancaman tsunami. Karenanya, materi penanggulangan bencana ini menjadi penting untuk dilatihkan.

Komandan Korem 081/DSJ Kolonel Inf Waris Ari Nugroho, pada Senin (24/8/2020) membuka dan meninjau langsung latihan dengan materi tentang penanggulangan bencana alam tersebut. “Wilayah jajaran Kodim 0808/Blitar ini terletak di pesisir Laut Selatan. Hal itu memberikan dampak kerawanan tersendiri, khususnya terhadap ancaman bencana alam tsunami,” usai membuka latihan bertajuk Latihan Posko I Kodim 0808/Blitar.

Latihan bertempat di Makodim 0808/Blitar, Jl. Ahmad Yani No.6, Kepanjen Kidul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar, Senin (24/8/2020). Dalam peninjauan itu, Kolonel Inf Waris Ari Nugroho tampak memberikan beberapa arahan dan masukan kepada para pelaku terkait latihan yang diselenggarakan tersebut.

Ia juga menjelaskan kepada mereka bahwa, Latihan Posko yang diselenggarakan itu bertujuan untuk melatihkan koordinasi dan sinkronisasi antarstaf terkait “Setiap staf harus adakan koordinasi terus-menerus hingga matang, agar nantinya tidak terjadi perbedaan terhadap data yang dimiliki atau yang dibutuhkan,” terangnya.

Selain itu ia menambahkan, jika koordinasi dengan instansi terkait juga memiliki peran yang sangat penting guna keberhasilan dalam melakukan tugas penanggulangan bencana alam. Oleh karena itu Kolonel Inf Waris Ari Nugroho menekankan, agar latihan yang diselenggarakan itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, supaya jika dihadapkan dengan situasi yang sesungguhnya, sudah siap dan tidak terkejut lagi. (rilis penrem 081/DSJ/kp001 – foto penrem)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *