Jelang Puncak Perayaan Tahun Baru 1 Muharram 1442 H, Dandim 0804/Magetan Pantau Jalur Pendakian Cemoro Sewu

Magetan(KabarPlus.com) – Jumlah pendaki Gunung Lawu melalui jalur Cemoro Sewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur meningkat signifikan pada malam 1 Suro atau malam Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 Hijriah yang mencapai ribuan orang.

Mengingat banyaknya pendaki yang naik ke Gunung Lawu pada malam 1  Suro, Dandim 0804/Magetan Letkol Inf Ismulyono Triwidodo, S.I.P bersama Kapolres Magetan AKBP Festo Ari Permana, S.I.K meninjau langsung  jalur pendakian Gunung Lawu melalui pintu masuk Cemoro Sewu.  Rabu(19/8/2020)

Dandim 0804/Magetan mengatakan Gunung Lawu menjadi salah satu lokasi pendakian favorit pada setiap malam 1 Suro. Bahkan ribuan pendaki akan memadati beberapa pintu masuk pendakian, salah satunya adalah pintu masuk pendakian di Cemoro Sewu ini.

Namun di tengah pandemi covid-19 ini kita berkoordinasi dengan Polres Magetan, BPBD,  Perhutani Lawu DS, pengelola jalur pendakian Cemero Sewu untuk sementara kita tutup. Hal ini kita lakukan   untuk mengurangi potensi penularan Covid-19, karena para pendaki yang berada di puncak Lawu saat ini  sudah mencapai jumlah kuota maksimal.

“Jadi karena masih pandemi covid-19, jalur pendakian Gunung Lawu melalui pintu masuk Cemoro Sewu memang kita batasi, bahkan akan kita tutup karena melebihi kuota, ini kita lakukan untuk mencegah penyebaran covid-19” jelasnya.

Selain menmantau jalur pedakian Cemoro Sewu Dandim 0804 bersama Kapolre Magetan juga membagikan masker kepada masyarakat cemoro sewu sekaligus menghimbau agar masyarakat tetap menjaga protokol kesehatan yaitu selalu memakai masker saat berada di luar rumah, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan menerapkan pola hidup sehat.(srs04/al)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *