Sudah Panjang, PNS Ponorogo Jangan Nambah Libur Awal Muharam

KABARPLUS – Karena libur akhir pekan ini sudah panjang, maka para PNS atau ASN di Ponorogo diharapkan tidak menambah libur alias bolos pada Senin mendatang. Penegakan disiplin tentu akan menunggu bila ada yang kebablasan libur di hari aktif pertama pekan depan.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ponorogo Winarko Arief Tjahjono, libur pada awal Muharam atau tahun baru hijriyah kali ini sudah cukup panjang. Yaitu pada 1 Muharam 1442 yang jatuh Kamis (20/8/2020) dan dilanjut cuti bersama pada Jumat (21/8/2020) plus libur normal pada Sabtu dan Minggu (22-23/8/2020).

Dijelaskannya, cuti bersama tahun baru hijriyah ini sudah diatur melalui Keppres nomor 17 tahun 2020 tentang cuti bersama bagi PNS/ASN tahun 2020. Pada Agustus ini, cuti bersama jatuh pada Jumat (21/8/2020) terkait dengan tahun baru Islam.

“Kalau yang kali ini sepertinya agak aman (kemungkinan tidak ada yang akan bolos di Senin). Yang biasanya jadi masalah itu kalau ada hari kejepit. Ini kan tidak,” ucapnya, Jumat (21/8/2020) saat ditanya soal kemungkinan penegakan disiplin bila ada ASN yang nambah libur alias bolos.

Selain itu, di masa pandemi covid-19 seperti saat ini menurutnya jarang orang yang mau melakukan perjalanan jauh. Masyarakat, termasuk di dalamnya PNS/ASN, tidak bisa pergi begitu saja. Pertimbangan soal zona aman tentu akan jadi perhitungan ketika akan menuju suatu daerah.

Sebab libur akhir pekan yang sudah cukup panjang, para ASN di Ponorogo diharapkan tidak menambah liburnya pada Senin mendatang alias bolos. (kp001, foto : ilustrasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *